To view this notification widget you need to have JavaScript enabled. This notification widget was easily created with NotifySnack.
Permainan Tradisional Layang-layang
Custom Search

Permainan Tradisional Layang-layang


Permainan Tradisional layang-layang merupakan sebuah permainan tradisional yang sangat tua. Diperkirakan sejarah permainan tradisional layang-layang ini telah ada sejak sekitar 2.500 tahun sebelum masehi.

Dan menengok dari sejarahnya yang sangat panjang, bisa disimpulkan bahwa sejarah permainan tradisional layang-layang ini berasal dari dataran Cina.

Cina adalah sebuah negara yang memiliki peradaban yang sangat tua dan sangat modern. Jauh sebelum bangsa lainnya, bangsa Cina telah memainkan layang-layang ini sebagai sebuah permainan tradisional yang cukup populer.

Seiring dengan perkembangannya, permainan tradisional layang-layang ini lalu mulai menyebar secara perlahan ke negara lain. Dari Cina layang-layang mulai menyebar ke Jepang, Korea, India, termasuk Indonesia.


Permainan Tradisional Layang-layang Di Berbagai Negara 


Seiring dengan dikenalnya permainan tradisional layang-layang di berbagai negara di dunia, maka muncul pulalah berbagai kebudayaan lokal setempat yang berkaitan dengan layang-layang. Di Asia sendiri yang sangat kental dengan budaya tradisionalnya, permainan tradisional layang-layang sering kali dihubungkan dengan berbagai upacara keagamaan maupun mitos cerita rakyat setempat.

Di Cina layang-layang seringkali dihubungkan dengan cerita-cerita rakyat. Sedangkan di Jepang menerbangkan layang-layang biasanya berkaitan dengan acara festival. Festival layang-layang sering kali diselenggarakan di Jepang yang diikuti oleh banyak orang. Dan di Korea ada kebudayaan setempat yang dilakukan oleh para orang tua, yaitu menerbangkan layang-layang yang telah dibubuhi tulisan nama anaknya yang baru saja dilahirkan. Di beberapa negara Asia lainnya tentunya masih banyak tradisi lokal yang berkaitan dengan layang-layang.

Permainan Tradisional Layang-layang - Layang-layang Cina
Permainan Tradisional Layang-layang - Salah Satu Layang-layang Khas Cina


Namun di benua Eropa, permainan tradisional layang-layang kurang begitu dikenal pada awalnya. permainan tradisional ini baru mulai poluler pada sekitar abad ke-18. Alexander Wilson, yaitu seorang ilmuwan yang berasal dari Skotlandia menggunakan rakitan beberapa buah layang-layang untuk keperluan ilmu pengetahuan. Yaitu menggunakan layang-layang untuk mengukur suhu udara pada ketinggian tertentu. Peristiwa ini terjadi di sekitar tahun 1749.

Tak lama berselang kemudian seorang ilmuwan bernama Benjamin Franklin pada tahun 1852 membuat sebuah percobaan ilmiah dengan menggunakan bantuan layang-layang untuk membuktikan bahwa petir mengandung aliran listrik.


Fungsi permainan tradisional layang-layang Dalam Tradisi Kuno


Memang secara umum layang layang memiliki fungsi sebagai alat permainan tradisional. Namun ternyata di berbagai kelompok masyarakat dunia ditemukan fungsi layang-layang yang lainnya. Beberapa kelompok menggunakan layang-layang untuk keperluan upacara keagamaan. Ada pula masyarakat yang menggunakan layang-layang untuk keperluan pertanian. Namun ada juga yang menggunakannya untuk keperluan meramal. Bahkan sebagai alat bantu untuk memancing atau menjerat binatang buruan.


Permainan Tradisional Layang-layang Di Indonesia


Permainan Tradisional Layang-layang - Layang-layang Khas Indonesia
Permainan Tradisional Layang-layang - Layang-layang Sederhana Khas Indonesia


Di Indonesia sendiri sejarah permainan tradisional layang-layang mulai diketahui sekitar abad ke-17. Bersumber pada sebuah catatan sejarah bangsa Melayu yaitu Sulalatus Salatin yang menuturkan mengenai adanya sebuah lomba permainan tradisional layang-layang yang pesertanya adalah seorang bangsawan kerajaan.

Kemudian permainan tradisional layang-layang mulai tersebar luas ke sebagian besar wilayah Nusantara. Permainan tradisional layang-layang ini lebih banyak dimainkan oleh mereka yang tinggal di daerah pesisir pantai. Karena seperti yang kita tahu bahwa untuk dapat terbang dengan baik layang-layang sangat membutuhkan angin yang cukup.


Permainan Tradisional Layang-layang Dan Bermacam Bentuknya


Dengan dikenalnya permainan tradisional layang-layang di seluruh dunia tentu saja telah membuat bentuk layang-layang mengalami perubahan signifikan yang melibatkan sentuhan tradisi daerah-daerah setempat. Hal ini membuat layang-layang memiliki variasi bentuk yang sangat bermacam-macam.

Pada awalnya layang-layang berupa lembaran kertas tipis segi empat yang diberi kerangka dari bambu, lalu diberi benang atau tali untuk menerbangkannya. Namun pada perkembangannya semakin banyak bentuk layang-layang yang sangat unik di berbagai tempat. Seperti kotak, bundar, oval, dan lain sebagainya.

Sedangkan bahan pembuatannya tidak lagi terpaku pada kertas, namun sudah semakin variatif. Seperti misalnya menggunakan bahan dasar kain, sutera, plastik, dan lain sebagainya.


Permainan Tradisional Layang-layang Modern


Permainan Tradisional Layang-layang - Layang-layang Hias Modern
Permainan Tradisional Layang-layang - Layang-layang Hias Modern


Layang-layang pada permainan tradisional layang-layang modern seperti yang kita kenal sekarang ini tentu sudah melalui perkembangan yang sangat pesat. sekarang ini kita bisa melihat layang-layang memiliki bentuk yang berbagai rupa mulai dari yang 2 dimensi, 3 dimensi, bahkan 4 dimensi. Layang-layang mulai ada yang berbentuk manusia, kendaraan, bangunan, dll.

Dan untuk menampung dan melestarikan permainan tradisional layang-layang yang sudah semakin punah ini, di Indonesia juga telah dibangun sebuah museum layang-layang. Museum Layang-layang ini didirikan pada tahun 2003 yang berlokasi di Jl. H. Kamang No.38 Pondok Labu, Jakarta. Museum ini memiliki koleksi layang-layang lebih dari 350 buah yang merupakan koleksi dari berbagai negara.


Lomba Permainan Tradisional Layang-layang


Selain dengan membuat museum, untuk melestarikan permainan tradisional layang-layang di Indonesia juga telah seringkali diadakan berbagai Festifal Layang-layang. Pada sebuah acara Festival Layang-layang para peserta akan saling melombakan kreasi layang-layang buatan mereka sendiri.

Pada acara Festival Layang-layang seperti ini biasanya ada beberapa hal penting yang dinilai dari sebuah layang-layang. Para juri biasanya menilai dari segi bentuk, ukuran, bahan, keunikan, dan apakah bisa diterbangkan dengan baik atau tidak. Dan bagi para pecinta permainan tradisional layang-layang tentu saja Festival Layang-layang seperti ini sangat ditunggu kedatangannya.

**Permainan Tradisional Gasing

Incoming search terms : 

permainan tradisional indonesia, permainan tradisional layang-layang, layang-layang, layangan, cara membuat layang-layang, gambar layang-layang, layang-layang bali, video layang-layang, festival layang-layangpermainan tradisional

No comments: