To view this notification widget you need to have JavaScript enabled. This notification widget was easily created with NotifySnack.
Permainan Tradisional Gasing

Permainan Tradisional Gasing


Permainan tradisional gasing mungkin tidak banyak diketahui oleh kebanyakan masyarakat zaman sekarang. Permainan tradisional gasing diyakini merupakan salah satu jenis permainan tradisional yang sangat tua usianya.

Walaupun sampai dengan saat ini tidak diketahui secara pasti mengenai awal mula sejarah adanya permainan tradisional gasing.


Permainan Tradisional Gasing


Walaupun tidak diketahui secara pasti mengenai asal usulnya, namun para ahli percaya bahwa gasing merupakan permainan tradisional dari Asia, terutama daerah Melayu seperti Indonesia, Malaysia, dan sekitarnya. Bangsa Melayu diyakini merupakan suku bangsa yang menciptakan permainan tradisional gasing yang kita kenal saat ini.

Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa munculnya permainan tradisional gasing berawal dari masyarakat pesisir pantai di Melayu. Permainan ini awalnya adalah sebuah permainan yang menggunakan buah Berembang, yaitu sejenis buah-buahan yang banyak tumbuh di tepian pantai. Buah ini berbentuk bulat, dan bisa diputar dengan menggunakan tangan.

Dari sini lalu muncullah sebuah ide untuk mengembangkan permainan ini dengan membuat replika buah tersebut dengan menggunakan bahan yang lebih kuat yaitu kayu. Sedangkan sebagai alat pemutarnya menggunakan bantuan tali yang dililit pada tangkai di bagian atasnya.

Ada pula yang berpendapat bahwa permainan tradisional gasing berawal dari sebuah permainan anak yang menggunakan telur yang diputar. Lalu muncullah gagasan untuk mengganti telur dengan kayu yang dibentuk bulat dan bisa diputar dengan tali.

Sebenarnya masih banyak lagi latar belakang yang dipercaya menjadi asal muasal munculnya permainan tradisional gasing. Namun memang dari sekian banyak cerita memang tidak ada yang bisa menjadi patokan secara pasti. Jadi sampai dengan saat ini asal usul sejarah permainan tradisional gasing masih menjadi pertanyaan besar.

Permainan Tradisional Gasing - Gasing
Permainan Tradisional Gasing - Gasing



Fungsi Permainan Tradisional Gasing Dalam Masyarakat Zaman Dahulu 


Pada zaman dahulu beberapa kalangan masyarakat Melayu menggunakan permainan tradisional gasing sebagai media untuk meramal dan menghitung dalam hal bercocok tanam. Pada upacara adat tertentu gasing digunakan untuk meramal berbagai hal. Tidak jarang perputaran gasing menjadi patokan hasil ramalan.

Namun selain sebagai media dalam beberapa upacara adat, namun fungsi utama dari permainan tradisional gasing adalah sebagai wahana bersosialisasi. Dengan bersama-sama bermain gasing di waktu senggang, masyarakat secara tidak langsung bersosialisasi dan saling mempererat hubungan persaudaraan.

Hal ini terjadi antara lain karena permainan tradisional gasing tidak hanya dimainkan oleh anak-anak semata, namun kalangan orang dewasa pun banyak yang memainkan permainan tradisional ini, terutama para laki-laki dewasa.


Berbagai Nama Lain Permainan Tradisional Gasing


Di Indonesia permainan tradisional gasing telah lama dikenal oleh masyarakat. permainan tradisional gasing juga telah memiliki nama yang berbeda di setiap daerah. Seperti misalnya di daerah Jawa permainan tradisional gasing lebih dikenal dengan Gangsing, Gangsingan, Pathon, Kekehan, Panggal. Di Kalimantan Timur disebut Begasing, di Sulawesi disebut Maggasing, Aggasing, Paki. Dan masih ada banyak lagi sebutan untuk permainan tradisional gasing ini.



Berbagai Bentuk Gasing Dalam Permainan Tradisional Gasing 


Permainan Tradisional Gasing - Aneka Bentuk Gasing Tradisional
Permainan Tradisional Gasing - Aneka Bentuk Gasing Tradisional (gambar: kidnesia.com)


Tentunya dengan meluasnya permainan tradisional gasing di kalangan masyarakat, membuat gasing pun memiliki berbagai bentuk yang berbeda di setiap daerah. Ada yang berbentuk bulat, kerucut, lonjong, oval, pipih, dan lain sebagainya.

Selain bentuknya yang bervariasi, begitu pula bahan dasar yang digunakan untuk membuat gasing juga tentu sangat beraneka ragam. Sebagian besar menggunakan kayu sebagai bahan utamanya. Hal ini dikarenakan kayu merupakan bahan yang cukup kuat. Sedangkan dalam permainan tradisional adu gasing, para peserta akan saling mengadu gasing mereka dengan cara menabrakkannya. Maka dalam hal ini bahan yang kuat merupakan syarat yang mutlak.


Permainan Tradisional Gasing Dan Cara Bermainnya


Cara kerja gasing sebenarnya sangat sederhana, yaitu hanya dengan melilitkan tali secara teratur pada tangkai atau leher gasing, kemudian melempar gasing itu dengan keras sembari menarik talinya. Maka kemudian gasing akan jatuh ke tanah dan berputar dengan kencang.

Secara ilmiah sebenarnya gasing dapat berputar dengan tegak karena adanya efek giroskopik. Memang pada awal gasing diputar (dilempar) dia akan berputar secara kasar, namun setelah mendapatkan sudut putar yang pas dia akan mampu berputar dengan konstan. Lalu setelah efek giroskopik mulai menghilang, gasing akan kembali berputar secara kasar tidak beraturan sebelum akhirnya jatuh dan berhenti.

Permainan Tradisional Gasing - Adu Gasing - Lomba Gasing
Permainan Tradisional Gasing - Adu Gasing - Lomba Gasing (foto: antarafoto.com)



Lomba Adu Gasing Dalam Permainan Tradisional Gasing


Beberapa kelompok masyarakat di Indonesia memainkan permainan tradisional gasing pada masa-masa tertentu. Misalnya masyarakat Demak yang memainkan permainan tradisional gasing pada saat Tahun Baru Muharram.

Namun ada pula mereka yang sengaja melombakan permainan tradisional gasing ini. Lomba gasing merupakan adu ketangkasan bermain gasing. Pada kompetisi gasing ini, para peserta bisa perorangan atau berkelompok. Biasanya gasing akan diadu dalam sebuah arena, dengan ketentuan gasing yang keluar dari arena akan dianggap kalah. Di sini gasing biasanya akan saling ditabrakkan dengan sekeras mungkin. Gasing yang menang adalah yang masih tetap berputar dan yang masih berada di dalam arena.

Sejarah gasing yang panjang sebagai salah satu warisan budaya nenek moyang tentunya wajib kita pertahankan. Apalagi sekarang ini kita sudah semakin jarang melihat permainan tradisional gasing. Untuk itu kita juga berharap agar masyarakat Indonesia tetap setia mempertahankan dan ikut melestarikan permainan tradisional gasing di Indonesia.

**Permainan Tradisional Congklak

Incoming search terms :

permainan tradisional gasing, asal usul gasing, gasing, gangsing, gangsingan, permainan tradisional indonesia, permainan tradisional melayu, game gasing, metode gasingpermainan tradisional

No comments:

Custom Search